Kamis, 13 Desember 2018

Negara Surga Pajak Buka Data Keuangan

Negara Surga Pajak di dunia seperti Singapura, Swiss, British Virgin Island, Caymand Island, Hong Kong, Panama, dan Luxemburg tengah bekerja sama dnegn Pemerintah Indonesia untuk saling bertukar informasi terkait data kuangan orang terkaya Indonesia yang tersimpan di sejumlah negara Tax Heaven tersebut. Yang terkini adalah membongkar data keuangan orang tajir di Indonesia yang tersimpan di Swiss.
Negara Surga Pajak
Negara Surga Pajak

Untuk diketahui, pertukana informasi ini mengguankan metode secara otomatis atau Automatic Exchange of Information disingkat AEoI yang akan dimulai pada bulan September tahun 2019 mendatang. Sebelumnya Indonesia juga telah bekerja sama dengan 79 yurudiksi di seluruh dunia. Hingga pada bulan september 2018 saja Indonesia telah menerima banyak sekali informasi yang berkaitan dengan data keuanagan WNI (warga negara Indonesia) dari sebanyak 69 yuridiksi yang dilakukan secara timbal balik atau disebut resiprokal.

5 yuridiksi lainnya bersifat non resiprokal dan 5 yuridiksi sisanya akan ikut membuka data keuangan pada tahun 2019 mendatang. Dengan pertukaran informasi ini akan meingkatkan kualitas dan kuantitas Big data nasional. Selain itu, dengan adanya informasi ini juga dapat meingkatkan potensi pendapatan pajak nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar