Kamis, 13 Desember 2018

Mengapa Pembiayaan Eximbank Naik

Pembiayaan Eximbank yang disalurkan kepada eksportir nasional mengalami pertumbuhan tajam, yakni bertumbuh sebesar 10 kali lipat semenjak tahun 2009. Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjelaskan bahwa pihaknya telah menyalurkan pembiayaan kepada sejumlah eksportir nasional dengan nominal sebesar 107,1 triliun rupiah.
Pembiayaan Eximbank
Pembiayaan Eximbank

Dengan jumlah tersebut, artinya penyaluran pembiayaan untuk eksportir ini mengalami peningkatan sebanyak 10 kali lipat yang semula hanya sebesar 9,2 triliun rupiah saja semenjak tahun 2009 yang lalu. Sinthya Roesli, Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjelaskan bahwa eximbank telah menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 50 jenis komoditas unggulan yang diekspor ke sebanyak 150 negara.

Adapun produk ekspor yang diberikan pelayanan oleh eximbank adalah komoditas kertas, tekstil, emas, besi dan baja, karet, batu bara, minyak kelapa sawit, dan juga alumunium. Sinthya menyebutkan bahwa semenjak tahun 2009, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) telah mengalami perkembangan menjadi bagian yang penting bagi pengembangan ekspor tanah air Indonesia. Sinthya juga mengatakan bahwa pasa ekspor dari pembiayaan eximbank adalah Jepang, Tiongkok, Infia, Amerika Serikat, dan juga negara dengan tujuan ekspor tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar