Minggu, 21 Oktober 2018

Proyek Petrokimia Balongan Indramayu

Indonesia nantinya akan memiliki Proyek Petrokimia kelas Dunia pertamanya dan akan di bangun di Indramamyu, Jawa Barat. PT Pertamina Persero akan menggaet CPC Corporation Taiwan untuk mengerjakan mega proyek petrokimia di kawasan kilang minyak Balongan, Jawa Barat. Perjanjian kerja sama ini telah dituangkan kedalam kesepakatan kerja sama yang telah ditanda tangani pada forum IMF-Wolrd Bank 2018 lalu di Bali.
Proyek Petrokimia
Proyek Petrokimia

Dengan adanya kerja sama tersebut, nantinya kedua perusahaan akan mengembangkan naptha cracker berkelas dunia dan mengembangkan unit turunanya pada sektor hilir. Rencananya, pabrik ini diproyeksikan dapat menghasilkan produk Propylene, Polyethylene dan Butadiene.

Sedangkan menilik pada nilai proyek Petrokimia tersebut, diproyeksikan mencapai 6,5 milyar dolar Amerika Serikat atau sekitar 97,5 triliun rupiah dan diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2026 yang akan datang. Dalam pengerjaan proyek itu, Pertamina dan juga CPC membuka peluang kepada perusahaan lain untuk dapat bergabung. Nantinya, PErtamina dan CPC akan membentuk perusahaan patungan dan akan menggandeng perusahaan potensial yang bermain di hilir lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar